Kapolres Malang Didesak Mundur Usai Tragedi Kanjuruhan, Ini Sebabnya!

Minggu, 02 Oktober 2022 | 18:08
kolase twitter/tribunnews

Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat didesak mundur usai insiden gas air mata yang disebut jadi pemicu tragedi Kanjuruhan

GRIDVIDEO.ID - Sosok Kepala Polisi Resor (Kapolres) Malang AKBP Ferli Hidayat didesak mundur usai tragedi Kanjuruhan.

Desakan tersebut muncul dari Indonesia Police Watch (IPW) yang langsung mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencopo AKBP Ferli Hidayat dari ajabata.

Bukan tanpa alasan, sosok Ferli Hidayat disebut-sebut sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas pengendalian dan pengamanan pada pertandingan antara Arema FC vs Persebaya Sabtu malam kemarin.

Selain itu, jatuhnya ratusan korban jiwa dalam tragedi Kanjuruhan tersebut diduga akibat dari tembakan gas air mata dari pihak aparat keamanan.

Pengamanan pertandingan antara Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) memang awalnya berjalan lancar.

Namun situasi berubah setelah pertandingan berakhir dengan kekalahan Arema FC dengan skor 3-2 atas Persebaya Surabaya.

Hingga kericuhan tak bisa terhindarkan saat sejumlah oknum suporter Arema FC, Aremania turun ke lapangan.

Aparat keamanan yang mencoba menghalau sejumlah suporter karena membuat kericuhan sempat terekam sejumah kamera baik dari wartawan maupun masyarakat.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan - Ketum PSSI Dituntut Mundur, Panpel Arema Vs Persebaya Harus Dipidanakan

Tetapi tak selang beberapa lama, disebut bahwa aparat keamanan mengambil keputusan menembakkan gas air mata ke arah tribun penonton.

Keributan mulai terjadi di tribun penonton usai tembakan gas air mata tersebut menyasar pada suporter yang berada di tribun.

Diduga banyak suporter yang mencoba menyelamatkan diri dari gas air mata hingga terjadi insiden yang disebut jadi penyebab kematian dalam tragedi Kanjuruhan.

Disebut-sebut korban meninggal dunia yang mencapai ratusan lantaran berdesak-desakan, terinjak-injak hingga pingsan karena sesak napas.

Baca Juga: FIFA Mulai Bertindak, Kini Minta PSSI Laporkan Soal Tragedi Kanjuruhan, Apa Hasilnya?

Kini sosok AKBP Ferli Hidayat pun disebut jadi sosok yang harus bertanggung jawab usai anak buahnya membawa serta gas air mata ke dalam stadion.

Padahal diketahui dalam regulasi induk sepak bola dunia (FIFA) terkait penyelenggaraan pertandingan tak diperbolehkan membawa atau mempergunakan gas air mata di dalam stadion.

Sementara itu, melansir dari Kompas TV diketahui pengumuman terkait tewasnya ratusan orang dalam tragedi stadion Kanjuruhan langsung disampaikan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta.

IPW pun menanggapi hal tersebut dengan mendesak Kapolri mencabut izin penyelenggaraan sementara kometisi liga sepak bola.

"Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga harus mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat yang bertanggung jawab dalam mengendalikan pengamanan pada pertandingan antara tuan rumah Arema FC Malang melawan Persebaya Surabaya," tulis Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso.

(*)

Baca Juga: Arema FC Terancam Sanksi ini Usai Tragedi Kanjuruhan yang Menelan Ratusan Korban

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya