TOP VIDEO: Penampakan Jet Tempur F-16 TNI AU yang Tiba-tiba Berhenti di Perbatasan Timor Leste Usai Guncang Militer Australia

Minggu, 11 September 2022 | 19:59

GRIDVIDEO.ID - Warga Indonesia yang berada di perbatasan Timor Leste dikejutkan dengan keberadaan sejumlah jet tempur jenis F-16 Fighting Falcon milik TNI AU.

Bagaimana tidak? Tiba-tiba jet tempur F-16 TNI AU itu mendarat di Lapangan Angkatan Udara el Tari, Kupang (NTT).

Momen kedatangan jet tempur F-16 TNI AU itu terjadi pada hari Jumat (9/9/2022) lalu.

Kedatangan sejumlah jet tempur F-16 TNI AU itu disebut usai pesawat perang Indonesia tersebut mengguncang militer Australia.

Baca Juga: Indonesia Bisa Diseret AS Dalam Konflik Militer China Dan Taiwan yang Bisa Timbulkan Perang Dunia III, Ini Sebabnya!

Melansir dari Kompas.com, diketahui jet tempur F-16 tersebut telah selesai mengikuti latihan gabungan di Australia.

Latihan militer gabungan bertajuk "Pitch Black 2022" Itu diadakan di Darwin, Australia dengan diikuti oleh 17 negara.

Sambutan pun langsung dilakukan oleh Panglima Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda TNI Widyargo Iko putra.

Dengan didampingi Komandan Lanud El Tari Marsma TNI Aldrin P Mongan Widyargo menyambut para prajurit pengendali jet tempur F-16 TNI AU tersebut.

Baca Juga: Korea Selatan Bergabung Dengan AS Untuk Mulai Perang Dunia III Melawan Militer China Dan Korea Utara? Ini Jadi Bukti!

Setidaknya ada enam pesawat tempur yang hadir bersama para peserta latihan yang terdiri dari puluhan kolat, penerbang, dan ground crew.

Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda TNI Widyargo Ikoputra, mengatakan, latihan ini sangat penting karena berinteraksi dengan negara-negara kawasan.

“Ini bisa dilihat bahwa Indonesia, dalam hal ini TNI Angkatan Udara memang disegani di kawasan," kata Widyargo.

Menurut dia, hal ini merupakan salah satu cara yang bisa diekspose dan ditunjukan di negara-negara kawasan pada saat latihan yang digelar kali lalu.

Baca Juga: TOP VIDEO: 50 Kapal Perang Dan Kapal Selam Rusia Bantu Militer China Kepung Luat Jepang, Perang Dunia III Benar Terjadi?

Sebagai informasi, pesawat F-16 yang mengikuti latihan gabungan di Australia itu berasal dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan.

Sementara itu, latihan bersama yang diikuti oleh jet tempur F-16 TNI AU itu sejak 20 Agustus 2022, hingga 8 September 2022.

Tujuan kegiatan itu, untuk melatih kemampuan tempur para penerbang dalam melaksanakan Offensive Counter Air (OCA) dan Defensive Counter Air (DCA).

"Mudah-mudahan, mohon doa restunya dari seluruh masyarakat Indonesia bahwa kita TNI Angkatan Udara tetap akan bisa menegakan kedaulatan negara di udara," kata dia.

Baca Juga: Militer Taiwan Kini Siap Perang Lawan China, Tiongkok Dijamin Ketar-ketir Lihat Peningkatan Kekuatan Tempur Taipei Ini!

Sementara itu Danlanud El Tari Marsma TNI Aldrin P Mongan, mengatakan, kedatangan pesawat F-16 ini, untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang alutsista milik bangsa Indonesia.

Apalagi kata dia, posisi Lanud El Tari yang berada di Provinsi NTT, sangat strategis karena berbatasan dengan dua negara, yaitu Australia dan Timor Leste.

"Dengan transitnya alutsista kita ini, akan menjadi perhatian negara-negara luar, dan masyarakat NTT juga diharapkan bisa paham,"ujar dia.

"Kami berterima kasih kepada pimpinan TNI Angkatan Udara, karena animo masyarakat di sini sangat luar biasa dan ini juga sebagai motivasi moril bagi seluruh warga Lanud El Tari," kata Aldrin.

Setiba di Kupang, pesawat tempur F-16 sempat melakukan sejumlah manuver di udara, sehingga disaksikan warga setempat.

(*)

Baca Juga: Siap Perang Terbuka, Militer China Bongkar Strategi Hancurkan Kapal Perang AS Bila Nekat Masuk Selat Taiwan Lagi!

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya