Indonesia Harus Waspada, China Kirim Jet Tempur Untuk Sabotase Latihan Militer RI Dengan AS, Hal Ini Disebut Jadi Bukti!

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 22:32

GRIDVIDEO.ID - Militer China membuat kejutan dengan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mereka yang mengirim sejumlah jet tempur dan pesawat pengebom ke Thailand.

Momen tersebut dilakukan oleh militer China beberapa waktu seusai Tiongkok melakukan pengepungan terhadap Taiwan dengan kedok latihan perang.

Namun, kali ini militer China bukan menggertak Taiwan, melainkan disebut bakal menyinggung militer Amerika Serikat (AS).

Tetapi siapa sangka militer Indonesia justru terseret pada perang dingin antara China dengan AS kali ini.

Baca Juga: Lebih Parah Dari Perang Rusia Dan Ukraina, Dampak Ngeri Bila Militer China Serang Taiwan Ini Bisa Buat Dunia Ketakutan!

Hal itu tak lain karena kini Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah mengadakan latihan militer gabungan bersama AS.

Setali tiga uang, agaknya China juga melakukan hal sama dengan negara yang berada satu wilayah dengan Indonesia, yakni Thailand.

Melansir dari Tribunnews.com,China telah mengirim jet tempur dan pesawat pengebom ke Thailand untuk latihan bersama dengan militer Thailand pada Minggu (14/8/2022).

Sebagai informasi, pelatihan tersebut bakalmencakup dukungan udara, serangan ke sasaran darat dan pengerahan pasukan skala kecil dan besar.

Baca Juga: Indonesia Bisa Terlibat Bila Militer China dan Taiwan Benar-benar Perang Usai Taipei Lakukan Hal Ini!

Hal itu dikatakan langsung oleh Kementerian Pertahanan China dalam sebuah pernyataan yang diunggah di situs webnya.

Latihan Falcon Strike akan diadakan di Pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Udorn di Thailand utara dekat perbatasan dengan Laos.

Jet tempur Thailand dan pesawat peringatan dini udara dari kedua negara juga akan ambil bagian.

Namun ternyata kegiatan militer China yang meluas di kawasan Asia-Pasifik telah mengkhawatirkan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya.

Baca Juga: Latihan Militer China Makin Liar, Tokoh Rudal Taiwan Meninggal Dunia

Bagaimana tidak? hal itu disebut sebagaipersaingan strategis dan ekonomi yang berkembang yang telah mengobarkan ketegangan antara dua ekonomi terbesar dunia itu.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengunjungi Thailand pada Juni sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat apa yang disebutnya "jaringan aliansi dan kemitraan tak tertandingi" Amerika di kawasan itu.

Tak sampai di situ saja, latihan bersama China dan Thailand dilakukan saat AS mengadakan latihan tempur di Indonesia dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Australia, Jepang dan Singapura.

Apalagi kegiatan ini disebut sebagai iterasi terbesar dari latihan Super Garuda Shield sejak dimulai pada tahun 2009.

Baca Juga: Wilayah Taiwan Dibombardir Militer China Dengan Rudal dan Dikepung Jet Tempur, Nasib 300 Ribu WNI Jadi Tanda Tanya, Ini Jawabanya!

Pelatihan ini juga mengikuti pengiriman kapal perang, rudal, dan pesawat China ke perairan dan udara di sekitar Taiwan sebagai tanggapan mengancam atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, yang diklaim China sebagai wilayahnya.

Kurt Campbell, penasihat utama Presiden Joe Biden di Indo-Pasifik, mengatakan pada hari Jumat bahwa AS akan mengambil langkah tegas untuk mendukung Taiwan.

Di antaranya dengan mengirim kapal perang dan pesawat melalui jalur air selebar 160 kilometer yang memisahkan Taiwan dan China.

"Kami akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana hukum internasional mengizinkan, konsisten dengan komitmen lama kami terhadap kebebasan navigasi," kata Campbell sebagaimana dikutip AP News.

"Dan itu termasuk melakukan transit udara dan laut standar melalui Selat Taiwan dalam beberapa minggu ke depan."

(*)

Baca Juga: Masyarakat Ibukota Taiwan Geger, Detik-detik Kenekatan Militer China Kirim 4 Rudal Melintas Taipei Jadi Sorotan!

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya