Follow Us

Ternyata saat Duduk Kita Bisa Mempercepat Metabolisme Tubuh Juga! Gini Caranya

Imadudin Adam - Senin, 30 Januari 2023 | 15:00

GRIDVIDEO - Terlalu lama duduk ternyata bisa bikin proses metabolisme tubuh.

Hal ini dikarenakan aktivitas yang dilakukan oleh tubuh kurang sehingga membuat metabolisme melambat.

Hal ini pada akhirnya membuat tubuh rentan terkena penyakit misalnya obesitas atau diabetes.

Untungnya, masih ada cara untuk mempercepat metabolisme meski kamu sedang duduk.

Melakukan seated calf raise atau gerakan jinjit ketika duduk bisa meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh sehingga bisa berdampak positif pada pengaturan gula darah, pembakaran lemak, dan menghindarkan dari penyakit metabolik.

Gerakan jinjit ketika duduk ini bisa dilakukan di mana saja dan tidak akan membuat tubuh terasa lelah karena melibatkan otot soleus.

Otot soleus adalah otot yang ada di bawah lutut dan turun hingga tumit yang bekerja dengan membakar glikogen sehingga tidak akan membuat tubuh terasa lelah.

Baca Juga: Kirim Tank ke Ukraina, Korea Utara Sebut Hal ini pada AS

Menurut penelitian yang dimuat dalam Jurnal iScience pada tahun 2022, gerakan jinjit yang melibatkan otot soleus sudah terbukti bisa mendukung tubuh dalam mengatur glukosa dan metabolisme lemak secara efektif.

Dilansir dari The Edge, cara mempercepat metabolisme tubuh dengan duduk ini tidak sulit karena hanya perlu melakukan gerakan jinjit yang berulang.

Namun, gerakan jinjit yang dilakukan sedikit berbeda dengan gerakan ketika berjalan karena tumit harus mencapai batas jinjit maksimal baru kemudian diturunkan dan diulangi lagi.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, gerakan ini perlu diulangi selama 50 kali tanpa jeda atau sekitar 3 hingga 4 jam sehari.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest