Follow Us

Kota Tambang Garam Soledar Kabarnya Dikuasai Ukraina

Imadudin Adam - Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:25

GRIDVIDEO - Rusia mengatakan pada Jumat (13/1/2023) bahwa pasukannya sukses menguasai kota tambang garam Soledar.

Tempat itu berada di wilayah Ukraina timur dan tempat itu ditempati setelah bertempur berhari-hari tanpa henti.

Dilansir dari Reuters, Rusia mengeklaim kemenangan atas Soledar jadi perolehan medan perang besar pertamanya setelah setengah tahun kemunduran militer.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi situasi di kota tersebut.

“Penangkapan Soledar dimungkinkan oleh pengeboman terus-menerus oleh musuh dengan penyerangan dan penerbangan tentara, pasukan rudal, dan artileri dari sekelompok pasukan Rusia,” kata kementerian pertahanan Rusia.

Kyiv mengatakan Rusia melemparkan gelombang demi gelombang tentara dan tentara bayaran ke dalam pertarungan sia-sia untuk tanah kosong yang dibom di Soledar.

Baca Juga: Tak Punya Uang Sepeserpun, Ferry Irawan Kesulitan Pulang ke Jakarta

Pejabat AS mengatakan kemenangan Rusia di sana, atau bahkan di Bakhmut, akan membuat sedikit perbedaan pada perang secara keseluruhan.

Soledar, dengan populasi sebelum perang hanya 10.000, berada di atas tambang garam yang besar. Bakhmut, sepuluh kali lebih besar, adalah pusat kabupaten provinsi yang penting.

"Bahkan jika Bakhmut dan Soledar jatuh ke tangan Rusia, itu tidak akan berdampak strategis pada perang itu sendiri," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Kamis (12/1/2023).

"Dan itu pasti tidak akan terjadi. untuk menghentikan Ukraina atau memperlambat mereka," tambahnya.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest