Follow Us

Bolivia Rusuh, Demonstran Blokade Jalan dan Tokoh Oposisi Ditangkap

Imadudin Adam - Jumat, 30 Desember 2022 | 14:35

GRIDVIDEO - Kepolisian Bolivia, Rabu, (29/12/2022), menangkap seorang tokoh oposisi terkemuka bernama Luis Fernando Camacho karena tuduhan terorisme.

Penangkapan ini lantas membuat Volovia memanas dan meningkatkan ketegangan antara pemerintah dan pendukung Camacho di wilayah Santa Cruz.

Dikutip dari Reuters, Camacho sebelumnya merupakan Gubernur Santa Cruz, wilayah pusat pertanian yang makmur.

Kantor Kejaksaan Bolivia mengonfirmasi penahanan Camacho. Dia merupakan tokoh sayap kanan yang gagal mencalonkan diri sebagai calon presiden pada 2020.

Kantor Kejaksaan Bolivia menambahkan, penangkapan Camacho terkait dengan penggulingan mantan presiden Evo Morales yang berhaluan kiri pada 2019.

Surat perintah penangkapan yang diterbitkan pada Oktober menuduh Camacho melakukan “terorisme”, namun tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca Juga: Video Viral, Pak Ogah Meninggal Dunia, Suasana Rumah Duka Tampak Sepi, Kondisi Terakhir Badan Tinggal Tulang

Tim komunikasi Camacho merilis pernyataan yang menyebutkan bahwa tuduhan terhadapnya tidak benar dan tidak memiliki kredibilitas.

Menurut pernyataan tersebut, Camacho diculik secara brutal oleh polisi. Meski demikian, dia bangga karena berperan dalam memperjuangkan kebebasan dan demokrasi di Bolivia.

Melalui Twitter, Evo Morales berharap penangkapan Camacho akan membawa keadilan setelah tiga tahun penggulingannya.

“Akhirnya, setelah tiga tahun, Luis Fernando Camacho akan bertanggung jawab atas kudeta yang menyebabkan perampokan, penganiayaan, penangkapan, dan pembantaian pemerintah de facto,” tulis Evo Morales.

“Kami percaya bahwa keputusan ini akan dipertahankan dengan ketegasan yang dituntut oleh seruan rakyat untuk keadilan,” sambungnya.

Source : GRID VIDEO

Editor : Video

Baca Lainnya

Latest