Follow Us

China Latihan Menyerang di Sekitar Taiwan karena Terprovokasi

Rara A - Senin, 26 Desember 2022 | 11:46

GRIDVIDEO - Militer China melakukan latihan di sekitar Taiwan pada Minggu (25/12/2022). Latihan tersebut menyerang laut dan wilayah udara Taiwan.

China menggelar latihan tersebut karena merasa telah diprovokasi Taiwan dan Amerika Serikat.

Sebelumnya China telah mengecam Amerika Serikat karena undang-undang otorisasi pertahanan baru yang meningkatkan bantuan militer untuk Taiwan.

China kemudian membuat pernyataan singkat bahwa mereka telah melakukan patroli kesiapan tempur dan latihan serangan senjata bersama di sekitar Taiwan.

Namun China tidak merinci wilayah yang dimaksud secara spesifik.

“Ini adalah tanggapan tegas terhadap eskalasi kolusi dan provokasi dari Amerika Serikat dan Taiwan saat ini,” kata Komando Teater Timur PLA China.

“Pasukan akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk secara tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial."

Sementara itu, Taiwan mengatakan bahwa latihan tersebut bentuk dari mentalitas China untuk menyelesaikan perbedaan dengan kekerasan dan menghancurkan perdamaian dan stabilitas regional.

Mereka mengatakan, kerja asma Taiwan-Amerika Serikat akan bekerja pada kebebasan, keterbukaan, perdamaian, dan stabilitas Indo-Pasifik.

Taiwan juga menegaskan bahwa pihaknya terus meningkatkan militernya sesuai dengan ancaman musuh dan kebutuhan pertahanan dirinya.

“Tindakan intimidasi militer Komunis China jelas ditujukan untuk menakuti rakyat kita dan tidak kondusif bagi citra internasional (China),” tutur Kementerian Pertahanan Taiwan.

Source : Kompas.com

Editor : Video

Latest