Follow Us

Presiden Rusia Ingin Segera Mengakhiri Perang di Ukraina

Rara A - Jumat, 23 Desember 2022 | 14:19

GRIDVIDEO - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan keinginannya untuk segera mengakhiri perang di Ukraina, Kamis (22/12/2022).

Pernyataan tersebut disampaikan Vladimir Putin sehari setelah Presiden Amerika Joe Biden menjamu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.

"Tujuan kami bukan untuk memutar roda konflik militer, tetapi sebaliknya, untuk mengakhiri perang ini," ujar Putin.

"Kami akan berusaha untuk mengakhiri ini, dan tentu saja lebih cepat lebih baik.”

Namun juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan bahwa Putin sama sekali tidak memperlihatkan indikasi akan mengakhiri perang.

"Justru sebaliknya," tutur Kirby.

"Semua yang Putin lakukan di darat dan di udara menunjukkan seorang pria yang ingin terus melakukan kekerasan terhadap rakyat Ukraina dan meningkatkan perang.”

Kirby pun kembali menegaskan jika Biden terbuka untuk pembicaraan dengan Putin jika memperlihatkan keseriusan untuk berdamai dengan Ukraina.

Pada sisi lain, Rusia sebenarnya juga terbuka untuk melakukan negosisasi, tapi pihaknya curiga hal itu hanya merupkan taktik dari Ukraina dan sekutunya.

Hal itu mengingat rangkaian kekalahan dan mundurnya Rusia dari medan perang.

"Saya telah mengatakan berkali-kali, intensifikasi permusuhan menyebabkan kerugian yang tidak dapat dibenarkan," kata Putin.

"Cepat atau lambat, pihak mana pun dalam keadaan konflik akan duduk dan membuat kesepakatan. Semakin cepat kesadaran ini datang kepada mereka yang menentang kita, semakin baik. Kami tidak pernah menyerah dalam hal ini."

Source : Tribunnews.com

Editor : Rara A

Latest