Follow Us

Usulan Damai Ukraina Ditolak Rusia

Imadudin Adam - Rabu, 14 Desember 2022 | 14:42

GRIDVIDEO - Rusia menolak usulan perdamaian dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky yang nantinya bakal melibatkan ditariknya pasukan Rusia dari Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Selasa (13/12/2022), mengatakan realitas itu termasuk penambahan Rusia atas empat wilayah Ukraina -Zaporizhzhia, Kherson, Luhansk, dan Donetsk- sebagai "subjek baru".

Penncaplokan atau aneksasi empat wilayah Ukraina tersebut telah diproklamasikan Rusia pada bulan September lalu, tetapi sebagian besar negara di PBB telah mengutuknya sebagai tindakan ilegal.

Peskov menanggapi permintaan Zelensky kepada para pemimpin negara anggoa G7 pada hari Senin (12/12/2022), untuk lebih banyak bantuan peralatan militer, dukungan stabilitas keuangan dan energi, serta dukungan untuk solusi perdamaian yang akan dimulai dengan penarikan pasukan Rusia dari Ukraina mulai Natal 2022.

Dia menyebut, itu adalah tiga langkah menuju kelanjutan permusuhan. "Pihak Ukraina perlu mempertimbangkan realitas yang berkembang selama ini," ucap Peskov, ketika ditanya tentang usulan penarikan pasukan Rusia dari Ukraina.

Baca Juga: 3 Inspirasi Kebaya Erina Gudono, Cocok untuk Semua Acara dan Hijab Friendly

"Dan kenyataan ini menunjukkan bahwa subyek baru telah muncul di Federasi Rusia. Mereka muncul sebagai hasil dari referendum yang terjadi di wilayah ini. Tanpa mempertimbangkan kenyataan baru ini, tidak ada kemajuan yang mungkin terjadi," tutur dia, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Ukraina dan sekutu Baratnya telah menolak "referendum palsu" di empat wilayah Ukraina selatan dan timur.

Mereka mengatakan bahwa referendum itu dilakukan di bawah todongan senjata.

Sejak aneksasi, Rusia sendiri telah kehilangan pijakan yang signifikan di selatan dan timur Ukraina dan lebih sering berbicara tentang kesediaannya untuk mengadakan pembicaraan damai.

Rusia telah menolak tuduhan bahwa pembicaraan diplomasinya adalah upaya mengulur waktu untuk memungkinkan pasukannya yang terkuras berkumpul kembali setelah hampir 10 bulan perang dan serangkaian kekalahan dan mundur.

Sementara, Ukraina mengatakan Rusia harus menghentikan serangannya dan menarik diri dari semua wilayah yang telah didudukinya.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest