Follow Us

Dianggap Memberontak, Presiden Peru Ditangkap dan Dicopot dari Jabatannya

Imadudin Adam - Kamis, 08 Desember 2022 | 08:38

GRIDVIDEO - Presiden Peru dilepas dari jabatannya dan kemudian ditangkap karena dituduh memberontak.

Dia disebut memicu krisis konsitituasional pada Rabu (7/12/2022).

Krisis politik itu terjadi usai pemimpin negara Amerika Latin tersebut berusaha membubarkan badan legislatif dan mengambil kendali sepihak atas pemerintah.

Wakil Presiden Dina Boluarte menggantikan Pedro Castillo dan menjadi pemimpin wanita pertama dalam sejarah republik, setelah berjam-jam perselisihan antara legislatif dan presiden yang berusaha mencegah pemungutan suara pemakzulan.

Boluarte, seorang pengacara berusia 60 tahun, menyerukan konsiliasi politik dan pembentukan pemerintah persatuan nasional.

Baca Juga: Geopolitik Dunia Tengah Bergejolak, Dubes Swedia Tetap Optimis Investasi ke Indonesia Berkembang

“Yang saya minta adalah ruang, waktu untuk menyelamatkan negara,” kata wanita yang fasih berbahasa Spanyol dan Quechua itu, sebagaimana dilansir AP pada Kamis (8/12/2022).

Anggota parlemen memberikan suara 101-6 dengan 10 abstain untuk mencopot Castillo dari jabatannya karena alasan "ketidakcakapan moral permanen."

Dia meninggalkan istana kepresidenan dengan mobil yang membawanya melewati pusat kota bersejarah Lima.

Pria 53 tahun itu kemudian memasuki kantor polisi dan beberapa jam selanjutnya jaksa federal mengumumkan bahwa Castillo ditangkap atas tuduhan pemberontakan, karena diduga melanggar perintah konstitusional.

Source : GRID VIDEO

Editor : Imadudin Adam

Baca Lainnya

Latest