Follow Us

Harga Minyak Rusia Dibatasi, Putin Ancam Hentikan Pasokan ke Uni Eropa

Rara A - Minggu, 04 Desember 2022 | 16:15

GRIDVIDEO - Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan menghentikan pasokan minyak ke Uni Eropa karena Uni Eropa dan Inggris melakukan pembatas harga maksimal 60 dolar AS per barel.

"Mulai tahun ini Eropa akan hidup tanpa minyak Rusia," ujar Putin.

Ancaman itu dilontarkan Putin usai Barat memberikan sanksi berupa pembatasan harga minyak mentah.

Ancaman Putin merupakan bentuk rasa kecewa Moskow kepada negara Barat termasuk kelompok G7.

Barat memang membatasi harga minya Rusia maksimal 60 dolar AS per barel untuk mengurangi pendapatan Putin.

Keputusan tersebut juga untuk mencegah lonjakan harga minyak global usai embargo UE terhadap minyak mentah Rusia mulai berlaku pada 5 Desember 2022.

Berdasar keputusan itu, nantinya perusahaan pengapalan hingga layanan asuransi di seluruh dunia khususnya di wilayah Uni Eropa dan Inggris yang menangani kargo minyak mentah Rusia dilarang untuk beroperasi jika menolak peraturan tersebut.

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen menegaskan bahwa kebijakan tersebut akan menguntungkan negara yang berpenghasilan rendah dan menengah.

Kebijakan tersebut sebenarnya sudah lama direncanakan oleh Barat, namun beberapa negara Uni Eropa melakukan pertentangan.

Akhirnya kebijakn itu disahkan pada Jumat (2/12/2022) lalu.

“Bersama-sama, G7, Uni Eropa, dan Australia sekarang telah bersama-sama menetapkan batas harga minyak Rusia yang berlayar di laut yang akan membantu ]membatasi sumber pendapatan utama Putin untuk perang ilegalnya di Ukraina sekaligus menjaga stabilitas pasokan energi global,” ujar Janet Yellen.

Source : Tribunnews.com

Editor : Rara A

Baca Lainnya

Latest