Setengah Abad, Deep Purple Bakal Puaskan Dahaga Penggemar Heavy Metal di Solo!

Jumat, 13 Januari 2023 | 12:52

GRIDVIDEO - Band beraliran heavy metal asal Inggris, Deep Purple dipastikan akan manggung lagi di Indonesia setelah setengah abad.

Tepatnya Deep Purple bakalan mengguncang Kota Solo, Jawa Tengah pada 10 Maret 2023 mendatang.

Tak sendirian, Deep Purple bakal kembali ditemani oleh band legendaris Tanah Air, God Bless seperti 48 tahun lalu.

Rencananya Deep Purple dan GodBles bakal manggung di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Kedatangan Deep Purple ke Indonesia pertama kali terjadi pada tahun 1975.

Kala itu Deep Purple manggung bersama God Bless di Geloran Bung Karno dan disebut sebagai percontohan konser berlevel internasional saat itu.

Diketahui konser Deep Purple kali ini merupakan rangkaian world tour dan menjadi satu-satunya panggung band cadas Inggris itu di Asia Tenggara.

"Kita ingin mengulang sejarah. Takdir 2015 sudah oke, tapi tidak kejadian. Karena ada personel yang sakit. Tapi tiba-tiba 2022 mencoba lagi, dan 2023 mereka world tour dan bertepatan dengan 50 tahun God Bless. Konser ini, kado buat God Bless," ungkap Founder Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi, pada Kamis (13/1/2023).

Setidaknya sebanyak 9.000 tiket akan dijual dengan kisaran harga mulai Rp 750.000 hingga Rp 2.000.000.

Pemilihan Kota Solo sebagai destinasi kedatangan Deep Purple di Indonesia dikarenakan instruksi dan kesiapan pemerintah kota (Pemkot) untuk menunjang konser berskala internasional telah mumpuni.

"Sebenarnya banyak banget (fans) kita tahu bahwa semua kelas umur. Mulai anak-anak band. Ibaratnya kalau tidak bisa membawakan lagu Deep Purple bukan anak band."

"Jadi bukan hanya warga ke solo saja. Karena ini satu-satunya kota atau negara yang dikunjungi di Asia Tenggara, mungkin dari Malaysia, Thailand, bisa datang kesini," tambah Anas.

Konser di Kota Solo kali ini juga menjadi akan menyatukan 3 member asli Deep Purple dalam satu panggung kembali.

"Konser ini juga akan menghadirkan 3 member aslinya, formasi legendarisnya. Kalau bukan sekarang kapan lagi bisa menonton ini," lanjut Anas.

Deep Purple kali ini akan menghadirkan triumviraat personel MK II yakni Ian Gillan (vokal), Roger Glover (bass), dan Ian Paice (drum). Mereka akan didampingi oleh Don Airey (keyboard) dan Simon McBride (gitar).

Andre Nugroho/Grid Video
Andre Nugroho/Grid Video

Konferensi Pers konser Deep Purple di Kota Solo pada 10 Maret 2023

Konser Deep Purple kali ini terasa makin menarik karena akan dibuka oleh band legendaris Indonesia, Godbless.

Trio andalan Godbless, Achmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah (bass) dipastikan akan tampil sepanggung dengan didampingi Fajar Satritama (drum) dan Abadi Soesman (keyboard).

Dalam konferensi pers yang diadakan di Nata Hati Coffee and Eatery, Jumat (13/1/2023) Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan pihaknya mendukung penuh adanya konser internasional ini.

"Harapannya bisa berdatangan ke Solo. Karena kita hidupnya dari event. Tahun 2022 berjalan lancar event-event dan memberi dampak positif," kata Gibran.

"Febuari 2023, kita akan mengeluarkan data, pertumbuhan ekonomi kemaren kita tingkat pertumbuhan paling tinggi se-Jawa Tengah. Sekai lagi Kota Solo sedang berbenah. Saya seneng sekali bisa membuah event-event di solo," lanjutnya.

Jejak Karier Deep Purple

Sebagai informasi, Deep Purple merupakan band hard rock Inggris yang dianggap sebagai pelopor heavy metal dan hard rock modern.

Bersama Led Zepplin dan Black Sabbath, Deep Purple dijuluki sebagai "trinitas adri hard rock dan heavy metal Inggris di awal hingga pertengahan tujuh puluhan".

Dalam perjalanan kariernya Deep Purple pernah terdaftar dalam Guinness Book of World Records di tahun 1975 sebagai band paling keras di dunia untuk konser tahun 1972 di Rainbow Theatre London.

Di tahun yang sama, Deep Purple telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia.

Sebelum bernama Deep Purple, band ini sempat berganti nama beberapa kali seperti Orpheus, Concrete God dan Sugarlump.

(*)

Baca Juga: Haechan NCT Alami Palpitasi Jantung, Absen Sapa Penggemar di Tur Konser, sampai Kapan?

Baca Juga: 2 Fans Indonesia Rela Terbang ke Las Vegas demi Nonton Konsernya, Adele Nangis Terharu

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya