Perang Dunia Dimulai di Asia? Korsel & Korut Saling Serang Rudal Artileri!

Senin, 24 Oktober 2022 | 19:09
Pixabay

Ilustrasi - Tembakan Misil Korea Utara.

GRIDVIDEO.ID - Perang Dunia disebut-sebut bermula dari perselisihan dua negara tetangga di Asia yakni Korea Utara dan Korea Selatan.

Bahkan selama beberapa waktu ini, baik militer Korea Utara maupun Korea Selatan saling balas tembakan rudal artileri.

Selain rudal artileri, militer Korea Utara juga sempat membuat panik termasuk Jepang karena peluncuran rudal balistik jarak menengah miliknya.

Baru-baru ini setidaknya Kim Jong Un memerintahkan militernya untuk menembakkan 10 peluru artileri ke lepas pantai Korea Selatan.

Penembakan rudal artileri oleh Korea Utara tersebut dilakukan dari kapal perang yang terjadi pada hari Senin (24/10/2022).

Kenekatan militer Korea Utara inipun menjadi peringatan keras bagi keamanan Korea Selatan.

Mengutip dari media setempat, Staf Umum Dewan Rakyat Korea Utara yang mengutip keterangan petugas patroli menyebut ada 10 kali tembakan rudal artileri.

Tembakan rudal artileri ke arah Korea Selatan tersebut diakui sebagai balasan atas tembakan rudal Korsel sehari sebelumnya.

Baca Juga: Sampai di Rumania, Pasukan Elite Amerika Siap Hadapi Militer Rusia Perang Dunia Dimulai?

"Staf Umum Tentara Rakyat Korea ... memerintahkan untuk menembakkan 10 tembakan dari beberapa peluncur roket untuk mengirim kembali kapal musuh dengan tegas," dikutip dari Reuters yang melansir dari siaran KCNA.

Sementara itu, kapal dagang berbendera Korea Utara sebelumnya diusir oleh militer Korea Selatan.

Hal itu tak lain karena kapal Korea Utara tersebut telah melintasi garis batas utara, batas laut de facto antara dua negara Korea.

Namun sudah bukan rahasia lagi, dalam beberapa waktu terakhir Korea Utara telah meningkatkan intensitas uji coba sejumlah senjata militer mereka.

Baca Juga: Perang Dunia: Ini Sebab Rusia Batal Ledakkan Nuklir di Ukraina!

Bahkan setidaknya dalam beberapa pekan terakhir, Korea Utara telah meluncurkan ratusan rudal.

Lebih lanjut, frekuensi peluncuran rudal militer Korea Utara dalam setahun ini diyakini paling banyak dari sebelum-sebelumnya.

Karena itu, kondisi hubungan Korea Utara dan Korea Selatan kali ini bisa menjadi petaka pecahnya perang dari dua negara tersebut.

Saling tuduh antar dua negara Korea itupun bisa memicu terjadinya perang dunia di Benua Asia yang bisa melibatkan sejumlah negara seperti Jepang dan Amerika Serikat (AS).

(*)

Baca Juga: Petinggi Militer AS Sebut China Bakal Invasi Taiwan Dalam Waktu Dekat, Benar Perang Dunia?

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya