Operasi Senyap Penjemputan Ferdy Sambo, Lalu Penjagaan Diperketat

Minggu, 07 Agustus 2022 | 07:00

GRIDVIDEO - Penjemputanmantan Kepala Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, irjen Ferdy Sambo terkait kasus tewasnya Brigadir J, Sabtu (6/8/2022), berlangsung begitu rapi dan lancar.

Selanjutnya, Irjen Ferdy Sambo ditempatkan ke Mako brimob, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Ferdy Sambo diamankan di sana, karena diduga melakukan pelanggaran etik dan tidak profesional dalam melakukan oleh TKP soal kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Kematian Brigadir itu terjadi di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Pancora, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/72022).

"Berdasasrkan bukti dari irsus (inspektorat khusus) menetapkan bahwa Irjen Pol FS diduga melakukan pelanggaran terkaitmasalah ketidakprofeionalan di dalam olah TKP," jelas Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Dedi prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (6/8/2022) malam.

Proses penangkapan ini tergolong rapi dan cukup mengejutkan.

Namun, sebenarnya sudah muncul tanda-tanda akan ada gebrakan polisi.

Pada Sabtu (6/8/2022) sekitar pukul 13.30 WIB, seperti diberitakan Tribunnews.com, tiba-tiba pasukan Brimob dikerahkan ke Gedung bareskrim Polri dengan menggunakan kendaraan taktis dan bersenjata lengkap.

Kepada wartawan, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian mentakan, kehadiran brimob tersebut untuk melakukan pengamanan.

"Kehadiran Brimob untuk pengamanan Bareskrim," ujar Andi Rian.

Lalu, apa yang diamankan dan kenapa harus ada pengamanan tidak seperti biasanya?

Saat ini, Bareskrim memang ikut terlibat menangani kasus kematian Brigadir J dan Bareskrim tergabung dalam tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ketika Andi Rian ditanya wartawan kehadiran Brimob itu untuk pengamanan apa, ia hanya menjawab, pengamanan itu dilakukan atas permintaan kepala Bareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto.

"Itu atas permintaan resmi Kabareskrim," ujarnya.

Lalau, Sabtu (6/8/2022) malam harinya sekitar pukul 22.00 WIB, tibatiba kabar bahwa Irjen Ferdy Sambo ditangkap menyebar di kalangan wartawan.

Tak lama kemudian, ada temu pers di Mabes Polri untuk menjelaskan penangkapan Ferdy Sambo tersebut.

"Pada malam hari ini, yang bersangkutan (Ferdy Sambo) langsung ditempatkan di tempat khusus, yatu di Brimob Polri," kata Dedi Prasetyo.

"Dalam konteks pemeriksaan. Belum 9tersangka," tegas Dedi.

Mako Brimob Dijaga Ketat

Setelah itu, beberapa wartawan kemudian mendatangi Mako brimob di Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, jawa Barat.

Menurut pantauan Tribunnews.com yang hadir di sana, beberapa petugas berseragam dan bersenjata lengkap berjaga-jaga di depan gerbang Mako Brimob.

Lalu, tak lama kemudian, beberapa wartawan yang berada di dekat Mako Brimob didatangi petugas berseragam preman.

Tribunjakarta.com
Tribunjakarta.com/Dwi Putra Kesuma

Suasana di depan pintru gerbang Mako Brimob di Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/8/2022) malam setelah Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di situ.

"Mohon maaf, kalian darimana?" tanyanya, Sabtu (6/8/2022) malam.

Para wartawan memberi penjelasan dan maksud kedatangannya.

Lalu, petugas itu kemudian meminta para wartawan untuk segera meninggalkan lokasi.

"Silakan kalian geser (pergi), karena di sini belum ada izin peliputan," tegasnya.

Hingga pukul 23.00 WIB, penjagaan di depan mako Brimob tampak semakin diperketat.

Pengetatan di Rumah Ferdy Sambo

Ternyata, wilayah di sekitar perumahan pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, juga dilakukan perlakuan khusus soal pengamanan.

Kompas.com
kompas.com/Muhammad Isa Bustomi

Suasana kompleks perumahan Irjen Ferdy Sambo di jalan Saguling, Durent Tiga Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (6/8/2022) malam.

Seperti dilaporkan Kompas.com, pada Sabatu malam sekitar pukul 23.00 WIB, petugas keamanan di kompleks berjaga tepat di depan portal masuk perumahan.

petugas keamanan itu tak memberi akses masuk kepada orang asing, termasuk wartawan yang mencoba mendekati rumah Ferdy Sambo.

Petugas keamanan hanya membuka portal bagi kendaraan tamu yang memiliki kepentingan dan penghuni perumahan.

Namun, tak terlihat mobil polisi di sekitar itu.

Editor : Hery Prasetyo

Baca Lainnya