Follow Us

Keluarga Kecewa dengan Hasil Autopsi Ulang Brigadir J, Sosok Kamaruddin Simanjuntak Kritik Penjelasan Dokter Forensik, 'Patah Itu Kenapa'

May N - Selasa, 23 Agustus 2022 | 12:09
Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak
TRIBUNJAMBI.COM/DANANG NOPRIANTO

Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak

Sosok.ID - Penjelasan dari Dokter Forensik tentang hasil autopsi ulang Brigadir J mendapat kritik dari pengacara keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak.

Sebelumnya ketua tim dokter, dr. Ade Firmansyah Sugiharto menyebut jika tim tidak menemukan luka lain selain kekerasan dengan senjata api.

"Saya bisa yakinkan, ada saat kita lakukan autopsi, tidak ada luka-luka selain luka kekerasan senjata," ucap Ade di Baresrim Polri, Senin (22/8/2022).

Kamaruddin buka suara dalam wawancara dengan Kompas TV.

Menurut pengacara tersebut, dokter forensik sama sekali tidak menyerahkan hasil autopsi ke pihaknya.

Hal tersebut membuat Kamaruddin meragukan independensi sang dokter.

“Saya kan sudah mengajukan daftar pertanyaan jelang ekshumasi, dokter belum kirim apapun. Kalau dia independen harusnya kirim dulu ke saya, rilis tidak boleh lewat doorstop.”kata Kamaruddin.

Selanjutnya Kamaruddin menanyakan sejumlah luka pada jenazah Brigadir Yosua yang malah tidak dijelaskan oleh dokter forensik.

“Dijelaskan peluru yan ditembakan, bagian tubuh yang kena peluru, dia harus bisa menjelaskan darah di lipatan kaki, lubang peluru di engsel kaki kiri, kanan, luka di bahu, luka di bawah mata, atas kanan, jari-jarinya patah itu kenapa”kata Kamaruddin.

Tim dokter forensik harus bertanggung jawab atas kejujuran mereka selama bekerja di proses autopsi ulang di hadapan Tuhan, papar Kamaruddin.

Lebih-lebih karena Kamaruddin juga menjelaskan bahwa penjelasan dokter forensik saat ekhumasi sudah dinotariskan lewat catatan dua dokter yang sudah dikirim sebelumnya.

Hasil autopsi kedua

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest