Find Us On Social Media :

Pabrik Obat Sirup Order Propilen Glikol yang Dikirim EG dan DEG untuk Industri, Pantas Kasus Gagal Ginjal Akut Banyak Korbannya

Pabrik farmasi obat sirup tertipu mentah-mentah oleh pemasok bahan baku obat.

GridHEALTH.id - Akhirnya BPOM berhasil menguak misteri keberadaan racun yang sebabkan gangguan ginjal akut pada anak.

Hal ini diutarakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) langsung.

Disampaikan ada supplier atau distributor nakal bahan baku farmasi yang memalsukan pelarut Propilen Glikol (PG) untuk dijual ke perusahaan-perusahaan farmasi.

Berdasarkan penelusuran BPOM, bahan baku itu mengandung cemaran etilen glikol hingga 99 persen sehingga patut diduga merupakan kandungan EG dan DEG murni.

Dalam temuannya, Kepala BPOM Penny K. Lukito menyebut, perusahaan pemasok tersebut adalah CV Samudra Chemical (SC), CV Anugrah Perdana Gemilang, dan CV Budiarta.

Baca Juga: Tak Hanya Rokok, Penggunaan Vape Juga Tingkatkan Risiko Kanker Paru

"Jalur distribusi dari bahan pelarut dari CV Samudera Chemical (SC) yang berhasil diidentifikasi oleh Badan POM, CV SC ini merupakan supplier dari distributor kimia CV Anugerah Perdana Gemilang. Jadi CV Samudera Chemical adalah distributor kimia dan CV Anugerah Perdana Gemilang, dan CV Anugerah Perdana Gemilang ini juga pemasok utama untuk CV Budiarta,” ungkap Penny K. Lukito di Tapos, Depok, Rabu (09/11/2022), dilansir dari Suara.com (10/11/2022).

Bahkan Penny mengatakan jika CV Budiarta ini merupakan pemasok propilen glikol ke PT Yarindo Farmatama.

Seperti kita ketahui, produk obat sirop PT Yarindo sebelumnya yakni Flurin DMP sudah mendapatkan sanksi pencabutan izin edar karena ditemukan larutan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang melebihi ambang batas yang ditetapkan BPOM.

Mengenai temuan ini, Manager Bidang Hukum PT Yarindo Farmatama, Vitalis Jebarus dalam siaran pers, Kamis (10/11/2022), kembali mengatakan apa yang telah disampaikan pihaknya beberapa waktu lalu sebelum BPOM berhasil menguak hal ini.

Menurutnya, PT Yarindo Farmatama adalah korban penipuan oleh industri kimia, CV Samudra Chemical, yang memasok bahan baku obat sirup mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) kepada perusahaan.

Baca Juga: Sempat Beri Kabar Kurang Sedap Soal Kesehatannya, Beberapa Makanan ini Ternyata Bisa Picu Infeksi Usus Seperti yang Dialami Prilly Latuconsina