Find Us On Social Media :

F-16 Dipersenjatai Bom Mk-12 sementara Sukhoi Dibekali Rocket S-18, Pesawat Tempur TNI AU Lakukan Serangan Udara dalam Sikatan Daya 2022: Hancurkan Obyek Vital Musuh

Jet tempur F-16 TNI AU

GridHot.ID - Latihan Antar Satuan Komando Operasi Udara II (Koopsud II) "Sikatan Daya 2022" digelar di Air Weapon Range (AWR),Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Rabu (10/8/2022).

Latihan Sikatan Daya 2022 diharapkan dapat menguatkan profesionalisme dan kesiapan prajurit TNI AU dalam menghadapi tantangan.

Dilansir dari Instagram @militer.udara, skenario Latihan Sikatan Daya 2022 termasuk serangan udara

Serangan udara dimulai dengan penghancuran sasaran berupa obyek vital bernilai strategis miliik musuh dengan menggunakan empat pesawat F-16 yang dipersenjatai bom MK-12.

Usai pesawat F-16 C/D melakukan aksinya, selanjutnya giliran pesawat Sukhoi 27/30.

Sukhoi 27/30 melaksanakan profile navigation rocketting dengan dipersenjatai Rocket S-8 untuk melakukan serangan susulan.

Sukhoi 27/30 pun berhasil melumpuhkan pesawat musuh saat terjadi pertempuran di udara.

Latihan dilanjutkan dengan pelaksanaan operasi Composite Strike dengan empat Pesawat T50i Golden Eagle untuk menghancurkan sasaran musuh, seperti markas komando dan gudang logistik.

Misi operasi udara selanjutnya melibatkan operasi empat pesawat F-16 C/D dan empat pesawat T50i Golden Eagle.

Mereka akan melaksanakan tugas mengamankan manuver pasukan kawan yang ada di darat serta memastikan musuh sudah tidak memiliki kemampuan melanjutkan pertempuran.

Baca Juga: Pimpin Serangan dan Hancurkan Sasaran Strategis di LFE Pitch Black 2022, Kapten Penerbang F-16 TNI AU Dipercaya Jadi Mission Commander, Ini Sosoknya yang Bikin Bangga Indonesia

(*)