Find Us On Social Media :

Bikin China Geram, Jejak Permusuhan Nancy Pelosi dengan China Rupanya Sudah Terekam Jelas dalam Foto Lebih dari 3 Dekade Silam Ini

By Tatik Ariyani, Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:22 WIB

Nancy Pelosi diapit oleh Ben Jones (kiri), dan John Miller, muncul di Lapangan Tiananmen pada September 1991.

Intisari-Online.com - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa malam, dalam perjalanan yang dikatakan menunjukkan komitmen AS yang teguh pada Taiwan.

China pun dengan keras mengutuk kunjungan Pelosi tersebut sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Kedatangan Pelosi memicu tanggapan marah dari China pada saat ketegangan internasional sudah meningkat oleh invasi Rusia ke Ukraina.

China sendiri menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan akan mengunakan kekuatan untuk membawanya kembali di bawah kendali China.

China memandang kunjungan pejabat AS ke Taiwan sebagai sinyal yang menggembirakan bagi kamp pro-kemerdekaan pulau itu.

Washington tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan tetapi secara hukum terikat untuk menyediakan sarana untuk membela diri.

AS memperingatkan China agar tidak menggunakan kunjungan itu sebagai dalih untuk melakukan aksi militer terhadap Taiwan.

Sementara itu, rupanya Pelosi telah memulai permusuhannya dengan China sejak beberapa dekade yang lalu.

Melansir Reuters, Rabu (30/8/2022), lebih dari 30 tahun lalu, Pelosi membuat marah pemerintah China dengan muncul di Lapangan Tiananmen dan membentangkan spanduk untuk menghormati para pembangkang yang tewas dalam protes 1989.

Pada tahun 1991, dua tahun setelah tindakan keras berdarah China terhadap demonstrasi pro-demokrasi, Pelosi dan dua anggota parlemen AS lainnya, Ben Jones dan John Miller, membentangkan spanduk di Tiananmen bertuliskan, "Untuk mereka yang mati demi demokrasi di China."

Spanduk itu diberikan kepada Pelosi oleh Pendeta Chu Yiu-ming saat dia menjamunya di Hong Kong, kenang putranya, Samuel Chu.

Polisi mendekat, memaksa mereka meninggalkan alun-alun.