Find Us On Social Media :

'Penyidikan Ini Transparan' Dampingi Tim Forensik untuk Memenuhi Panggilan Komnas HAM Terkait Kematian Brigadir J, Irwasum Polri Sudah Dapat Arahan Kapolri

By Annisa Dienfitri, Senin, 25 Juli 2022 | 14:34 WIB

Ilustrasi jenazah

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Tim forensik jenazah Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J hadir di kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2022).

Tim forensik jenazah Brigadir J tiba di kantor Komnas HAM bersama Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Komjen Pol. Agung Budi Maryoto, dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Kehadiran tim forensik jenazah Brigadir J untuk memenuhi undangan Komnas HAM terkait penyelidikan kasus kematian polisi bernama Nofriansyah Yosua Hutabarat itu.

"Saya bersama Kadiv Humas dan tim forensik hadir memenuhi undangan dari Komnas HAM yang diagendakan dijadwalkan pada pukul 13.00 siang ini," ujar Agung.

Ditegaskan Agung, kehadirannya di Komnas HAM tak lain hanya untuk mengantar tim forensik sebagai bentuk transparansi.

"Saya tentu mendapatkan arahan bapak Kapolri bahwa penyidikan ini transparan, maka saya hadir di sini, saya antar tim kedokteran forensik kita, dan saya tidak ikut di sana."

"Biar yang menanyakan teman-teman Komnas HAM di sana," jelas Agung.

Ia juga menerangkan bahwa keseluruhan tim forensik datang untuk memenuhi panggilan Komnas HAM.

"Tim lengkap ya tentu yang melaksanakan autopsi, tentu sudah sering ketika seperti ini maka tim akan menyampaikan sesuai kompensinya," jelasnya.

Baca Juga: Opini Liar Kasus Kematian Brigadir J Dinilai Ganggu Penyelidikan, Komnas HAM Panggil Tim Forensik

"Tentunya dipimpin pak Kapusdokkes dengan timnya yang melakukan autopsi," jelas Agung lagi.

Dalam pertemuan itu, tim forensik juga akan menjelaskan terkait luka yang ada pada jenazah Brigadir J.